Tidak bisa menjalankan macro excel

Jasa Pemrograman VBA Macro Excel

Tidak bisa menjalankan macro excel

September 27, 2019 Learning 0

Microsoft Office memiliki pengaturan Macro Security yang berfungsi untuk mencegah menjalankan macro tanpa sepengetahuan pengguna komputer, hal ini terjadi jika dikomputer kita terjangkin virus macro. Saran penulis kita harus hati hati menjalankan program macro dari sumber yang tidak terpercaya, karena program macro dapat dijadikan sebagai virus atau media spam oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab.

Pengaturan Macro Security

Pertama kali kita menjalankan sebuah macro excel biasanya kita akan melihat pop up atau notifikasi untuk meng-enable macro. tetapi ada kalanya popup itu tidak muncul karena Ms.Excel mengdisablekan penggunaan macro excel.

Jasa Pembuatan Aplikasi VBA Macro Excel akan menerangkan bagaimana cara meng-enable-kan penggunaan macro di excel. Berikut ini adalah pengaturan macro security yang dapat kita lakukan sehingga excel macro dapat berjalan dengan baik.(running well).

Langkah-langkah mengatur Security macro:

1. Masuk ke Tab File
2. Pilih Options
3. Pada Window Excel Options pilih Trust Center lalu klik Trust Center Setting

Note : Pada Window Trust Center lalu klik Macro Settings, kemudian contreng Enable All Macro.jika ingin semua macro bisa jalan, atau hanya contreng Trust Excel to the VBA Project Object Model (Sangat disarankan hanya pilih yang ini saja)

  • Disable all macros without notification. Jika memilih opsi ini macro akan didisable (tidak aktif) dan tidak dapat dijalankan.
  • Disable all macros with notification. opsi ini adalah pilihan default excel, Jika memilih opsi ini macro akan didisable (tidak aktif) akan tetapi terdapat notifikasi atau peringatan untuk dapat menjalankannya. Untuk mengaktifkan macro kita dapat pilih opsi Enable pada saat membuka file macro dengan enable pop up.
  • Disable all macros except digitally signed macros. Jika memilih opsi ini macro akan didisable dan tidak dapat dijalankan kecuali macro tersebut sudah di bubuhkan tanda tangan digital didalamnya secara otomatis dapat dijalankan.
  • Enable all macros (not recommended potentially dangerous code can run). Jika memilih opsi ini macro akan selalalu aktif dan dapat dijalankan. Memilih opsi ini sangat tidak disarankan jika kode macro tersebut berbahaya macro dapat berjalan secara otomatis.
4. Pastikan anda memilih Enable all Macros with notification kemudian Klik OK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *